Senin, 01 Februari 2021

Belalang Goreng Makanan Ekstrim yang Kaya Akan Gizi dari Gunungkidul

CAHAYAPAGIKU.COM - Mungkin sebagian orang terasa asing mendengar belalang goreng, ya di Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta belalang goreng bukanlah hal yang dianggap makanan unik, makanan menjijikan, dan bukan juga makanan ekstrim karena di Gunungkidul sudah lumrah dengan makanan yang satu ini yaitu belalang goreng.

Jenis belalang yang di goreng kebanyakan belalang berjenis belalang kayu, di perbukitan Gunungkidul setiap musim hujan tiba sangatlah banyak berkembang biak belalang kayu di hutan dan kebun.

Belalang kayu sering di sebut hama dikarenakan sering menyerang dedaunan tanaman sayuran warga, dari beberapa informasi di internet, belalang kayu memakan daun pohon jati, daun pisang, daun pohon umbi dan dedaunan lainnya.

Entah berawal dari mana masyarakat Gunungkidul mengolah belalang hingga di goreng dan di jadikan makanan, mungkin karena belalang memakan daun dan dianggap halal, masyarakat mencoba untuk mengkonsumsi.

Belalang yang berasal dari Gunungkidul juga di kirim ke luar Provinsi Yogyakarta untuk di jual belikan tentunya dalam keadaan masih hidup belalang tersebut.

Cara mengolah belalang goreng cukup mudah pertama rendam belalang ke air panas hingga mati semua, setelah itu bersihkan kotoran pada perut belalang hingga bersih dan di cuci kembali menggunakan air bersih hingga bersih semua kotoran di perut belalalng tersebut.

Untuk bumbu sebelum di goreng menggunakan bumbu rempah rempah sama halnya menggoreng ayam atau ikan, untuk yang tidak suka ribet bisa membeli matang di marketplace, banyak pilihan rasa di marketplace karena sudah di kembangkan untuk rasanya ada yg rasa pedas, manis dan gurih.

Kandungan gizi pada belalang goreng yaitu: protein, kalsium, magnesium, potasium food, sodium, adapun nilai vitamin diantaranya vitamin A, B, B1, B2, B6, dan E.

Mengingat kandungan belalang goreng kaya akan protein jadi perlu di waspadai yang alergi terhadap protein berlebihan, sebab menimbulkan alergi gatal dan biduran.

Demikian ulasan cahayapagiku.com tentang belalang goreng, semoga bermanfaat dan tetap semangat menjalani hidup.

Belalang Goreng Makanan Ekstrim yang Kaya Akan Gizi dari Gunungkidul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Donny Tiono